Seri farmasi Industri-5: Enkapsulasi farmasetik

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga, enkapsulasi merupakan terminologi untuk pengenkapsulan. Dalam kamus ilmiah (McGraw-Hill; Dictionary of Scientific and Technical Terms), encapsulate (Sci Tech) berarti mengelilingi (surround), pengurungan (encase),atau penutupan (enclose) seperti halnya kapsul. Sebagai contoh pembentukan salut pelindung di sekitar suatu bakteri, atau penutupan suatu item, misalnya komponen elektronika dalam suatu plastik pelindung.

Dalam pengertian farmasi secara umum, enkapsulasi dapat diartikan sebagai penyalutan (coating). Penyalutan bahan farmasetik dapat dilakukan dalam skala makro (misal tablet disalut gula atau salut lapis tipis), skala mikro (mikrokapsul, serbuk), atau dalam skala lebih kecil (misalnya skala nano) untuk tujuan tertentu, misalnya untuk peningkatan efektivitas kerja di samping untuk perlindungan bahan secara fisika, kimia, dan biologi.

Makroenkapsulasi yang lebih dikenal dengan terminologi penyalutan, luas digunakan dalam farmasi sebagai salut pelindung, untuk menunda pelepasan obat (salut enterik) dan untuk mengendalikan (memodifikasi pelepasan obat). Makroenkapsulasi merupakan teknologi yang luas diaplikasikan di industri farmasi, makanan, dan gula-gula (bonbon).

Sistem penghantaran mikropartikulat obat meliputi pelet, mikrokapsul, mikrosfer, liposfer, emulsi, dan emulsi multipel. Sistem penghantaran nanopartikulat, terutama nanopartikel lipid atau polimer (nanokapsul dan nanosfer), mikroemulsi, liposom, dan visikel nonionik surfaktan (niosome), merupakan sistem penghantaran obat pada masa yang akan datang. Nanopartikel merupakan sistem penghantaran dengan teknologi mikroenkapsulasi yang saat ini sedang dikembangkan dan luas dibahas di dunia farmasi. Dalam buku ini dibahas pula masalah peningkatan skala dan validasi proses di industri farmasi. Buku ini diharapkan dapat menjadi pegangan untuk para sejawat dan mahasiswa yang berminat untuk mengembangkan aplikasi teknologi enkapsulasi terutama di Industri farmasi.

Satu tanggapan pada “Seri farmasi Industri-5: Enkapsulasi farmasetik”

  1. admin menulis:

    koment rekayasa teknik sispil

Tinggalkan komentar

Anda harus logged in untuk berkomentar.