Mukernas APPTI Edaran ke-2

REVITALISASI (EKSISTENSI) PERCETAKAN DAN PENERBITAN

PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA”

1. Pendahuluan

Setiap Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia, negeri (PTN) maupun swasta (PTS), mempunyai    kebutuhan untuk mencetak dan menerbitkan berbagai hal yang berkaitan dengan  keberadaan dan aktifitas operasional lembaganya. Percetakan dan penerbitan diperlukan    guna memfasilitasi para pengajar/dosen untuk menerbitkan buku-buku, diktat ataupun karya ilmiah baik untuk pengajaran, hasil penelitian ataupun pengabdian pada masyarakat serta kebutuhan operasional perguruan tinggi dari tingkat pusat sampai program studi berupa informasi untuk masyarakat, formulir-formulir/borang, dan lain sebagainya.

Berkembangnya perguruan tinggi di Indonesia yang semakin pesat, maka kebutuhan akan cetak dan penerbitan menjadi berkembang pula, dan kebutuhan tersebut sangat dirasakan oleh semua perguruan tinggi. Kebutuhan akan cetak dan penerbitan ternyata berdampak pula pada penyediaan anggaran yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Banyak perguruan tinggi (PT) mengalokasikan anggaran yang besar untuk membangun percetakan dan penerbitan di lembaganya sebagai Percetakan dan Penerbit Universitas/Perguruan Tinggi atau University Press, namun banyak pula PT yang belum mampu membangun, maka melakukan kerjasama kemitraan dengan PT yang telah memiliki percetakan dan penerbitan, atau melakukan  kerjasama kemitraan dengan perusahaan percetakan dan penerbitan di luar perguruan tinggi.

Menyadari pentingnya kiprah percetakan dan penerbit yang dibangun oleh perguruan tinggi di Indonesia, dan agar dapat saling bantu baik informasi maupun perkembangan teknologi percetakan dan penerbitan, maka telah dibentuk suatu wadah yang diberi nama: Asosiasi Percetakan/Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia disingkat APPTI.

Tahun 2015 ini, adalah saatnya APPTI menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) ke 3. Unit Usaha Penunjang-Penerbit ITB (UUP-Penerbit ITB) sebagai salah satu anggota APPTI telah dipercaya dan mendapat amanat menjadi tuan rumah sekalian sebagai penyelenggara Munas ke 3, yang merupakan hasil keputusan Musyawarah Kerja Nasional ke 2 yang diselenggarakan di Politeknik Media (Poli Media) di Jakarta pada tahun 2012, juga berdasarkan Surat dari Ketua APPTI.

UUP-Penerbit ITB telah menerima kepercayaan tersebut, maka dengan ini menyampaikan dan mengundang kepada seluruh Percetakan dan Penerbit Perguruan Tinggi di Indonesia, PTN maupun PTS untuk bergabung mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) ke 3 APPTI  tahun 2015 yang mengambil tema:

”REVITALISASI (EKSISTENSI) PERCETAKAN DAN PENERBITAN

PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA”.

Tema tersebut dipilih karena dirasakan sangat tepat dengan kondisi perkembangan percetakan dan penerbit perguruan tinggi (university press) di Indonesia yang keberadaannya semakin nyata, namun kiprahnya di masyarakat kurang nyata, sehingga perlu revitalisasi eksistensinya dalam masyarakat.

selengkapnya edaran 2 dapat di download disini

Komentar tidak diijinkan.